Tentang iklan-iklan ini

Bridgestone Jelaskan Penyebab Rusaknya Kompon Ban di Assen


RACEMOTOGP - Setelah melakukan investigasi secara mendalam usai MotoGP Assen, Belanda (30/6) pekan lalu, pihak Bridgestone akhirnya menjelaskan penyebab rusaknya ban belakang beberapa pembalap saat balapan berlangsung. Menurut Shinji Aoki sebagai Manager of Motorsport Tyre Development di Bridgestone, bahwa terdapat beberapa hal yang membuat ban tersebut rusak.

“Di Assen ada beberapa faktor yang berkontribusi besar pada kerusakan ban belakang pembalap. Diantaranya adalah temperatur sirkuit yang lebih tinggi dari pada tahun lalu, kapasitas mesin yang lebih besar yang secara otomatis membawa torsi lebih besar dan mesin yang lebih berat. Ada juga perubahan layout sirkuit dan beberapa permukaan trek yang di aspal ulang,” jelas Shinji.

“Semua faktor ini menjadi faktor yang sangat besar merusak konstruksi ban yang awalnya diprediksi akan berlangsung dengan temperatur trek yang tidak terlalu tinggi. Belum lagi setup motor dan gaya balap para pembalap yang sudah cukup ekstrim. Hal inilah yang tidak kami antisipasi, apalagi sudah digabungkan dengan variabel yang saya sebutkan sebelumnya,” lanjutnya.

Pengakuan Bridgestone yang kurang memperhitungkan beberapa faktor di atas, pastinya akan jadi pelajaran keras bagi pabrikan ban asal Jepang itu. Pasalnya mereka tidak memperhitungkan banyaknya perubahan yang terjadi pada sirkuit, motor dan pembalap. Padahal Bridgestone mengakui bahwa tidak ada perbedaan yang soal kualitas dengan kompon ban untuk seri-seri sebelumnya.

Semoga kesalahan seperti ini tidak terulang lagi di seri-seri selanjutnya. Paling tidak Bridgestone harus sudah mulai melakukan riset di sirkuit yang akan mereka kunjungi dalam rentang waktu yang agak lama, untuk mempelajari kecenderungan temperatur dan kondisi terbaru permukaannya.

SUMBER : (otosport.co.id)
Tentang iklan-iklan ini

Posted on 6 Juli 2012, in News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Sebuah Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: